Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Tulisanku Kontroversial?

Pentingnya Bimbingan dan Konseling bagi Siswa

Oleh : Mukti Mulyawan

Dalam kehidupan bermasyarakat yang semakin berkembang seperti saat ini, persoalan-persoalan yang menerpa kehidupan masyarakat pun semakin kompleks. Banyaknya persaingan di segala bidang membuat semua orang berlomba untuk meraih kesuksesan. Akibatnya banyak orang yang lupa akan tugasnya, orang tua pun kadang lupa akan tugasnya sebagai pendidik anak.

Banyak orang tua yang terlalu sibuk akan urusan pekerjaannya, pulang hingga larut malam, memang dalam hal ini orang tua memang wajib memberi nafkah bagi keluarga namun haruslah mengerti tanggung jawab moril kepada anak. Jangan sampai melupakn bahwa pendidikan di rumah merupakan pendidikan yang utama dan pertama. Tanggung jawab tersebut tidak dapat diwakilkan pada seorang pembantu rumah tangga yang pendidikannya relatif rendah. Sehingga secara langsung berpengaruh pada pola pikir anak, sehingga sulit menghadapi masalah.

Sejalan dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang Dasar 1945, pasal 31 ayat 3 yang menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang maka tujuan yang ingin dicapai oleh bimbingan dan konseling pada hakekatnya adalah tujuan pendidikan itu sendiri. bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu siswa dalam tugas perkembangannya agar siwa memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap positif, dinamis terhadap perkembangan fisik dan psikisnya, memiliki sikap mandiri dan sosial ekonomis, memiliki pola hubungan sosial yang baik di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat, memiliki prestasi belajar yang baik dan dapat merencanakan dan mengembangkan karirnya.

Bimbingan dan konseling merupakan proses bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan profesional yang diberikan kepada yang dibimbing (peserta didik) agar dapat ia dapat berkembang secara optimal.

Sudah menjadi realita bahwa banyak sekali siswa yang sangat membutuhkan bimbingan dan konseling ini. Di sinilah peran sekolah sebagai pusat pendidikan bagi siswa-siswi yang notabene adalah calon-calon anggota masyarakat. Sekolah harus membantu siswa untuk memecahkan masalah yang menimpa anak didiknya. Tidak dipungkiri keberadaan pelayanan BK kurang begitu populer di kalangan siswa, mungkin karena kurangnya pengetahuan atau promosi yang cukup akan pelayanan BK. Selama ini mereka menganggap bahwa bimbingan dan konseling merupakan tempatnya anak-anak berandalan, nakal dan susah diatur, padahal anggapan konyol seperti itu sangatlah tidak benar dan salah kaprah. Mungkin yang membuat mereka dianggap seperti itu adalah dari guru BK itu sendiri, yang dianggap kurang bersahabat kepada siswa serta guru BK hanya datang ke kelas untuk memanggil siswa yang telah melakukan pelanggaran. Hal seperti itu haruslah dibuang jauh-jauh, sosok seorang guru BK haruslah hangat kepada siswa, sehingga para siswa tidak perlu merasa takut untuk berkonsultasi atau sekedar curhat.

Di mulai dari kesadaran yang tinggi dari guru BK untuk membuat layanan BK lebih hidup di sekolah. Sedangkan bagi siswa, BK merubah anggapan konyol tentang BK menjadi tempat kita untuk menyampaikan segala ganjalan di hati dan perasaan yang sering menghantui kita, mulai dari masalah sekolah, keluarga, pelajaran, hingga masalah yang begitu kompleks dan sulit dihadapi oleh usia anak sekolah.

Jangan sampai siswa memendam masalahnya hingga menjadi berlarut-larut sehingga ia tidak berkonstrasi atas pelajaran yang disampaikan oleh bapak ibu guru yang mengajarnya.

2 responses

  1. egz

    mungkin arek2 dewe iku yang kurang bisa memanfaatkan BK dengan baik (pengalaman) jadi kesannya BK hanya untuk menangani masalah-masalah yang “serius” aja, ato emang udah mindset’e arek2 nganggep BK gitu. Gak salah juga sih tulisanmu, kadang BK “show of force” nya kan pas ada masalah2 tok.

    10 Desember 2008 pukul 10:28

  2. princess

    hwoewee..muk top!!!!
    teruskan perjuanganmuw…

    15 Desember 2008 pukul 13:06

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s