Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Sekilas PMDK

Bagi anak kelas III, selain Ujian Nasional alias UN yang menjadi pusat perhatian adalah mencari perguruan tinggi khususnya lewat jalur PMDK. Apa siih PMDK itu, kepanjangannya adalah Penerimaan Mahasiswa. PMDK merupakan salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru selain SNMPTN. Bedanya dengan SNMPTN adalah:
1.Diselenggarakan sebelum siswa SMA lulus.
2.Biaya pendaftaran relatif lebih mahal dibanding formulir SNMPTN
3.Kebanyakan yang diseleksi adalah rapor kelas X-XII semester gasal

Namun seiring dengan perkembangan zaman yang menuntut kualitas pendidikan lebih baik pula, ada juga PMDK yang tidak menggunakan rapor sebagai patokan dalam seleksi, karena disinyalir rapor bisa direkayasa. Yakni dengan sistem ujian tulis, misalnya UNAIR, UGM yakni lewat UM-UGM, UNIBRAW, USM-ITB, UI lewat SIMAK-UI.

Beda yang mendasar lewat PMDK ini adalah adanya sumbangan-sumbangan yang nilainya lumayan besar disbanding lewat jalur SNMPTN. Saat mengisi pendaftaran, calon mahasiswa harus mengisi sumbangan yang akan diberikan jika akhirnya lolos sebagai mahasiswa perguruan tinggi tersebut.
Enaknya jika lolos PMDK adalah kita tidak usah repot-repot memikirkan SNMPTN, jadi hilanglah beban dan kita cukup konsentrasi pada UNAS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s