Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Prahara UNAS: Diulang ato Tidak, Digelar Lagi ato Tidak!

Aku terkaget-kaget membaca Koran dan melihat berita di TV bahwa ada sekolah yang 100% tidak lulus, sehingga BNSP sang penyelenggara ujian tersebut rencananya akan mengadakan Ujian ulang. Dan salah satu penyebabnya adalah pola jawaban yang seragam yang merugikan peserta.

Rencana awal sih, sekolah-sekolah  akan mengikuti ujian ulang pada 8-12 Juni, tapi kabar terbaru, ujian ulang tersebut akan ditunda. Padahal tanggal-tanggal 13-15 Juni, pengumuman kelulusan sudah harus diberikan kepada peserta.

Wah aku aja yang menunggu hasil pengumuman UNAS aja, deg degan setengah mati kuk, apalagi siswa-siswi yang sekolahnya terkena masalah, apalagi dicap “Curang”. Kalau tidak diulang, mereka tidak lulus sehingga perjuangan mereka selama 3 tahun di SMA dan 12 tahun duduk di bangku sekolah sia-sia, namun jika dilakukan ujian ulang, tentu banyak yang tidak siap, apalagi cuma beberapa hari aja, lawung saya yang unas masih 3 bulanan aja saat unas juga kesulitan. Waduh serba susah.

Sejak dulu penyelenggaraan Ujian Nasional ini selalu mengundang kontroversi, ada yang pro untuk menyelenggarakannya dan ada yang berpendapat tidak mengadakan ujian nasional. Dengan adanya kasus seperti di atas tadi, seharusnya pemerintah dan pihak yang mengurusinya akan berpikir lagi untuk menggelar kembali Unas ataupun mengganti dengan sistem yang lebih baik. Semoga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s