Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Beda Kimia MIPA dan Teknik Kimia!

1205361_abcd0009 Bagi yang bingung dengan beda keduanya, semoga postingan ini dapat memberikan pencerahan. Sebelum membedakannya, akan dijelaskan pengertian masing-masing bidang. Mengingat aku dulu pernah memilih Ilmu Kimia Di Unair dan Sekarang aku diterima di D3 Teknik Kimia ITS.

Ilmu Kimia (chemistry) adalah ilmu yang menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. Sehingga ilmu kimia lebih mengeksplor seluk beluk dunia kimia. Selain itu skala kecillah yang ada di Kimia MIPA, yakni lingkungan laboratorium dengan skala gram.

Nah sedangkan teknik kimia (chemical engineering) adalah ilmu yang mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, berlandaskan pengetahuan ilmu kimia. Orang teknik kimia dituntut untuk menghasilkan produk-produk kimia dengan seefesien dan sehemat mungkin. Mengingat untuk menekan pengeluaran industri, namun menghasilkan prduk yang sebanyak namun hemat. Beda dengan Kimia MIPA, orang-orang teknik kimia berfikir dalam skala besar alias skala industri, tidak lagi gram-graman namun hingga satuan ton maupun lebih dari itu.

PEKERJAAN SETELAH LULUS

fotodsp_laboratorium

Lulusan Kimia MIPA bisa bekerja di laborarium, sebagai guru atau dosen, atau di bagian Kendali Mutu (Quality Control) di pabrik. Sedangkan Lulusan teknik kimia biasa bekerja di pabrik yang memproduksi barang-barang melalui proses kimia, misalnya di pabrik semen, pupuk, kilang minyak, dan sebagainya. Tapi tidak menutup kemungkina seorang lulusan kimia mipa bisa bekerja layaknya lulusan teknik kimia, begitu pula sebaliknya. Namun mereka harus belajar lagi dengan keras karena bukan keahliannya.

chemical-plant1

5 responses

  1. Mantep sob🙂
    Tukeran link yuk

    14 September 2009 pukul 04:30

    • manteb to enak to? kayak mbah surib ajah……hehehe

      btw manteb apaan nih

      iya sob………tukeran link

      14 September 2009 pukul 21:18

  2. sangat bagus?

    16 Maret 2010 pukul 20:06

    • ya dunk……..

      17 Maret 2010 pukul 13:15

  3. abim

    bagus sih! tapi aq masih ingin tau pekerjaan lain dari alumni mipa kimia.

    19 September 2010 pukul 21:16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s