Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Di Balik Kota Kelahiranku Pare (1)

Pare Kampung Inggris
Masjid Agung An-Nur Pare

Someone : Kamu asalnya darimana?

Me : Pare

Someone : Aduh jauh banget di Sulawesi

Me : Itu Pare-Pare mas, saya Pare Kediri.

Trus ada lagi yang ngira Pare itu dari Madura. Halow, sana yang kuper ato Pare yang gag terkenal seh! Ya bagi yang kuper-kuper ato yang belum tahu kota kelahiranku tercinta Pare, ya dengan baca postinganku kali ini bisa menambah pengetahuan Anda biar tidak seperti seseorang di atas. Amin

Pare merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur dan merupakan kota terbesar di Kabupaten Kediri. Terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri serta Jombang – Blitar. Jadi kalo naik bus ke jurusan-jurusan tadi, pasti lewat Pare!

Kota Pare pernah menyabet piala Adipura dan dibangunlah sebuah monumen untuk mengenang masa-masa kemenangan itu di Alun-Alun atau yang biasa disebut dengan taman Thamrin di jantung kota. Di postingan sebelumnya aku juga pernah membahas tentang thamrin. Jadi bicara prestasi, Kota Pare tidak kalah dengan kota-kota lainnya,


Bicara infrastruktur alias fasilitas-fasilitasnya memadai, mulai dari hotel (Hotel Kediri, Surya Indah, dll), rumah sakit (RSUD Kediri, RS Amelia, RS HVA, dll) warnet 24 jam, atm, bank (BNI,BCA,Mandiri,dll), restoran, kolam renang, perpustakaan mastrip (kondisi mengenaskan) dll. Bicara tentang perekonomian, banyak usaha yang berkembang dengan pesat di kota ini, mengingat kesetrategisannya, biarpun kecil tapi lengkap. Dan yang terpenting juga di sini juga ada SMA ku yakni SMA Negeri 2 Pare, yang selalu menorehkan prestasi di berbagai kejuaran, dan di unas tahun kemarin alhamdulilah satu-satunya sma yang lulus 100 persen.

Candi Surowono

Candi Tegowangi

Peninggalan candi-candi juga ditemukan di Pare yakni Candi Surowono dan Candi Tegowangi. Di Candi Surowono kita juga bisa mencoba masuk ke terowongan di bawah tanah yang ada aliran airnya, wow sensasinya luar bisa, menegangkan (kata temen-temen sih, coz aku gag brani, gelap soalnya hehehe). Selain candi juga ada patung “Budo” yang berada tepat di taman thamrin. Peninggalan-peninggalan tersebut menandakan Pare telah ada sejak ratusan tahun lalu. Namun tepatnya belum diketahui.

Pare memiliki tanah yang subur bekas letusan gunung Kelud dan tidak pernah mengalami kekeringan. Produk agraria andalan dari Pare adalah bawang merah, biji mente dan blinjo. Sedangkan oleh-oleh khas dari Pare antara lain adalah tahu kuning dan gethuk pisang. Di kawasan Surowono juga identik dengan kawasan perikanan, mulai dari ikan hias hingga ikan untuk pertambakan, misal ikan lele, gurami, dll.

Bangga sekali sebagai orang Pare, apalagi dulu antropolog kaliber dunia, Clifford Geertz – yang saat itu masih menjadi mahasiswa doktoral – melakukan penelitian lapangannya tentang Pare yang kemudian ditulisnya sebagai sebuah buku yang berjudul The Religion Of Java. Dalam buku tersebut Geertz menyamarkan Pare dengan nama “Mojokuto”.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kampung Inggris, yang akan aku bahas di bagian II. Ok!

Trivia tentang Pare

  • Peraih Adipura
  • Terdapat peninggalan, Candi Surowono dan Tegowangi, serta Patung Budho di Thamrin
Di candi surowono (Saat SMA)
  • Di kawasan Candi Surowono ada terowongan bawah tanah (patut dicoba)

Terowongan Surowono

  • Kampung Inggris
  • Nania “Indonesian Idol I” dan Eva “KDI 1” berasal dari Pare

Nania IDOL

Eva KDI

13 responses

  1. Pare, kangen aku padamu………..

    30 Oktober 2009 pukul 20:58

    • luqman H

      pare kota beriman

      29 November 2009 pukul 12:20

      • alhamdulilah

        5 Desember 2009 pukul 06:17

  2. awawaw
    uohh ! uohh !
    PARE is the BEST MAN !

    Hmm..menurut gue, org yg gak tau PARE tuhh KUPER.
    Pare segituh terkenal lho
    hahah

    ohh..
    kunjungi blog gue dan ksih kometar di postingan baru gue
    hatur nuwun🙂

    16 Desember 2009 pukul 16:04

    • Thanks buat kunjungannya

      sering2 dateng yaw

      iya kuper banget tuh yang gag tahu pare

      16 Desember 2009 pukul 17:44

  3. aoudy ronald

    pare kotaku I MISS U kampung inggris

    31 Januari 2010 pukul 23:27

  4. risha

    bagus muk,,,
    pare keren,,,
    deket donk ma kampung aq,,,hehehehe (gk pnting bgt)…
    kapan-kapan main ke sana..hehehehehehe

    apa lagi tempat yang bgus d pare muk?????

    26 Juli 2010 pukul 18:16

    • iya dunkss. kereen getoo, hem apa yaaa? lek di pare sih itu thok, tapi di kediri banyak, ada kawah gunung kelud dengan mistery roadnya, juga ada simpang lima gumul, ada soto branggahan jugaa, pecel tumpang…hahaha enak2

      26 Juli 2010 pukul 18:55

  5. KIKI

    Laaa pngen ksana aq..
    kpn2 kmu jadi guidex ya,,,,,,

    27 Juli 2010 pukul 14:10

    • dengan senang hati deg, welcome to pare, english pleaseee………

      27 Juli 2010 pukul 14:30

  6. masak gak tau pare jan kebacut kuper…kota english men….masak gak tw…
    pare kota tercinta tempat ku bertumbuh bersama teman2 yang bsa bwt perut sakit cz ktwa2 ampk nangis2 bkn nangis2 ampk ktwa2….hahaha
    kenangan yang g bisa aku lupain….dan gak akan pernah aku lupain dr kota pare terutama desa jombangan…whahaha

    14 Agustus 2010 pukul 10:17

  7. wakapo

    buat karya tulis yang lbih bgus lagi bro… persik mania

    26 Agustus 2010 pukul 13:44

  8. enny

    pare ihuyyyyyyyyyyyyyy pengen q ksna…,,,kpan yo???

    16 September 2010 pukul 12:30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s