Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Makanan Kura-Kuraku

Selamat kalo kamu nyasar dari google ke blogku ini.

Well di postingan kali ini aku mau sharing-sharing makanan buat kura-kura brazil.

Kuri-Kura-kura lagi jemuur

Sebenarnya Kura-kura dapat diberi makanan pelet maupun makanan segar tergantung selera. Banyak banget lho makanan pelet kura-kura, tapi g semua ada komposisinya. Jadi pilih aja yang nyantumin komposisi dengan jelas. Dan juga dikasih makan pelet ikan biasa juga, asalkan komposisinya bagus

Takari-Pakan ikan

Sejak kupelihara ampe kira-kura Februari 2010, si Kuri aku kasih makan Takari, yang sebungkus 3000 rupiah, makanan ikan biasa, karena sodaraku di sana juga kasih makannya itu. Merk Takari, makanan ini modelnya mengapung-ngapung gitu deh, tapi sayangnya bikin air agag keruh, apalagi kalo g kemakan. Tapi ukurannya kecil-kecil, dan tiap makan nie makanan, si kuri lincah banget buat kejar-kejar makanannya.

Hoky-Pakan Kura-Kura

Nah lalu aku coba-coba beli pakanan lain, merk Hoky, botolnya kecil harganya 5000 rupiah, pakanannya cepat tenggelam di air, padahal tulisannya di kemasan floating type, alias tipe mengambang, eh si Kuri gag mau makan tuh makanan, bahkan tidak merespon tuh makanan. Tapi sebenarnya makanan nie komposisinya bagus banget kayak protein, baik kan buat si Kuri, sayang gag dimakan.

Makura - Pakan Kura-Kura

Kemarin beli makanan ikan merk Makura, dia mau tapi tidak seperti Takari yang cepet banget dihabisin, mungkin udah kebiasaan kali ya ma makanan yang dulu. Ukurannya lebih besar dari Takari, jadi butuh agag lama makannya disbanding takari, dan uniknya makanan nie ga mudah tenggelam, jadi lama banget ngapungnya. Mulai sekarang tak biasain kasih Makura aja, selain banyak mengandung protein, itu khusus Reptil dan kura-kura khusunya

Kalo sempat aku kasih cacing lor, sumpah, si kuri lahap banget suka banget dia, selain alami yang pasti bebas dari kimia, kan asli cacing segar.

Tips

  1. Jangan kasih makan berlebihan apalagi kurang, parah lagi kalo ga dikasih makan!!! Kura-kura yang diberi makan terlalu banyak atau terlalu sering akan mengalami pertumbuhan yang terlalu cepat dan akibatnya memiliki gangguan kesehatan. Pemberian pakan cukup dilakukan sekali sehari dengan jumlah yang cukup.
  2. Ati-ati Sisa makanan bikin habitat kotor. Tiap selesai memberi makan segera ambil makanan yang tidak dimakan, bisa menyebabkan jamur, bisa-bisa terserang penyakit juga ntar kura-kuramu. Kalo bisa pindahkan kura-kura kalo pas makan ke wadah lain, biar ga ngotorin habitatnya.
  3. Setelah dikasih makan, jemur tuh kura-kura. maksimal sejaman, jangan dipanaskan kayak jemur kerupuk, ntar mati jadi keripik yang biasa dijemur-jemur. Kura-kura membutuhkan sinar UV supaya dapat memproses makanannya dengan baik dan dapat menyerap nutrisi dari makanan.Pemberian pakan dapat dilakukan sesaat sebelum menjemur kura-kura sehingga pencernaannya dapat terbantu dan kura-kura lebih tenang.
  4. Kasih makan cacing kecil-kecil ato ikan-ikan kecil. Alami dan bikin si kura-kura lebih aktif, ngejar-ngejar makannnya…..Hehehe

56 responses

  1. hahahahahahaha.. suka banget aku sama kura2.. tapi takut kalau sampai mati pas ku piara mas… sampeyan kuliah dimana?
    salam kenal… maaf banget baru bisa kunjung balik… sibuk sama urusan kelas 12

    20 Agustus 2010 pukul 14:17

    • kura-kura gampang dipelihara, dan tidak mudah mati kayak ikan ato hamster, saya. kura-kuraku aja jagoan seminggu ngilang, eh tau2 di selokan, mana selokannya kering, dan dia ga makan apa…kuat bgt dia…

      kuliah di ITS surabaya
      oke2…selamat menjalankan rutinitas ya

      25 Agustus 2010 pukul 21:27

  2. Dulu kura2 saya sering saya kasih laron. Pas agak gedhean, saya kasih potongan ayam😀.

    21 Agustus 2010 pukul 23:38

    • wah, alternatif buat kasi pangan

      25 Agustus 2010 pukul 21:34

  3. lia

    kalo kura2 dikasih ikan…
    ikan apa tuh yg dy suka??

    28 September 2010 pukul 18:10

    • ikan kecil2..kayak melati…

      28 November 2010 pukul 15:31

      • ryu

        kalau kura-kura brasillian

        9 April 2011 pukul 07:18

  4. epha

    bisa ga aku pesen makanan di sini??????????

    11 November 2010 pukul 11:28

    • wah wah..ndag jualan…
      just want to share…

      28 November 2010 pukul 15:31

  5. epha

    bisa gak aku pesen makanan kura-kura disini?????
    plisss

    11 November 2010 pukul 11:29

  6. SM

    kasih makan cecak lahap bgt loh….

    4 Desember 2010 pukul 15:53

    • waduuu, blom perna niii

      5 Desember 2010 pukul 00:53

  7. kura”ku mti satu

    22 Desember 2010 pukul 11:36

    • wah turut berduka citaaa

      23 Desember 2010 pukul 23:23

  8. ana

    kura-kuraku sakit kulit, dikasih pa y?
    da bintil2 putih g2..

    12 Januari 2011 pukul 08:41

    • wah kayaknya itu jamuran deh kura-kurana…
      coba beli obat tetes anti jamur,
      cukup beberapa tetes di airnya kura-kura..
      dan rajin2 bersihin akuarium …
      dan cangkangnya digosok…

      16 Januari 2011 pukul 14:20

    • itu gua….hahah

      22 Januari 2011 pukul 21:48

  9. eh kura kura mudah mati ngga sih kalau saya tak di pelihara di bak pake lilin pake tanah pake
    mangkok buat merenangnya tapi kok ngga mau makan
    masih kecil lagi takut mati orang ngga mau makan
    tak taroh aja dihadapan kura kuranya gimana ya
    tolong

    21 Januari 2011 pukul 21:26

    • maksudnya?….

      kalo di bak…
      kura-kura aq aja aq pelihara di baskom..masih sehat wal afiat…

      22 Januari 2011 pukul 09:33

  10. kok fotonya orang lagi potret sih ngga yang lain

    22 Januari 2011 pukul 17:23

    • itu gua…

      22 Januari 2011 pukul 21:50

  11. apasih perbedaan antara
    kura kura laki laki sama perempuan

    22 Januari 2011 pukul 17:44

  12. woy kok ngga dibales

    24 Januari 2011 pukul 19:23

    • maaf2…jarang buka blog;…

      biasanya kuku yang jantan lebih panjang dan tajam..

      28 Februari 2011 pukul 09:55

    • ekor betina pendek lebih pendek

      21 Oktober 2013 pukul 17:19

  13. thx juja dr beberapa infonya, aku suka melihara hwan piaraan ya itu trkadang dr beberapa hwan piaraan msh harus nyari2 informasi.

    26 Januari 2011 pukul 20:09

    • sama2….

      28 Februari 2011 pukul 09:53

  14. virda

    yakin tuh pke pelet yg ijo it die mau??
    gw biasa’a ngasih mkan’a sy ky ikan pelet merah tapi bau bgt..

    trus jum’at lalu kura” gw mati 1 gara” lupa gnti aer T.T *sekaliancurhat

    14 Februari 2011 pukul 18:19

    • turut berduka cita,,,,

      kalo pelet ijo yang makura kuriku mau banget

      tapi kalo yanga ijo satunya..
      dia g mau..coz maknananya langsung tennggelaam

      28 Februari 2011 pukul 09:57

  15. ajezaurus

    kura-kuraq uda gede sekarang (tempurungnya se helm cibuk).. dr dulu q kasi makan pellet..

    tapi akhr2 ni dy gag mau makan?

    knapa ya?

    25 Februari 2011 pukul 16:12

  16. Ihsan

    cara bedain kura2 darat sama air gmn sih? soalnya baru beli yang kecil (3 cm-an) di barito, tapi lupa nanya jenis kura2 apa.

    4 Maret 2011 pukul 18:17

  17. aku punya kura-kura 3,tapi yang sring makan cuma satu aja.
    knapa kog yang dua lagi ga suka mkan ya??????

    27 Maret 2011 pukul 00:25

  18. shuu

    kalau kura-kura nya ditinggal seminggu di baskom pas mudik, ga da yg kasi makan, kira2 tahan ga ya???

    31 Agustus 2011 pukul 18:04

  19. Hansel

    Kura-kura gua ada 2 ekor. Yg satu lincah tapi gamau makan. Yg satu lemes tapi banyak makan? Gimana dong solusinya bro? Bingung banget dah gua -,-..
    Takut mati gila sueerr dah -,-

    20 September 2011 pukul 20:09

  20. imam

    buset kura” jenis ini tukang lapar, gw kasih wortel mau, ikan mas koki gw dimakan juga, kasih pelet jg mau….

    24 September 2011 pukul 19:14

  21. Aku punya kura-kura ditinggal mudik 3hari gak mati kok

    26 September 2011 pukul 10:29

  22. Darren

    salam kenal, udah seminggu sejak beli kura2 brazil masih kecil bt anak ku yg merengek2 pengen…. tp knapa ya jarang makan. aku kasih Makura…. how poor.. minta dong solusi nya… thanks be4

    2 November 2011 pukul 09:26

  23. sheptian

    makasi ghan info nya .
    Membantu sekali

    4 November 2011 pukul 12:08

  24. temen kampus ane ad yang aneh, dia melihara kura2 do kostnya, trus kura2nya dibeliin samurai, dikira kura2 ninja kali

    9 November 2011 pukul 15:05

  25. Okey thy yah saran na .. Skrang q mau jemur hahai..

    8 Desember 2011 pukul 13:21

  26. Salsa Joger

    koq kura” q cpet bgt BAB??
    knp yh? sma air’a cpet kruh..

    28 Desember 2011 pukul 10:06

  27. mumbruh supriyatin

    aku punya kura kura,masih kecil ,trus tak taruh di toples,boleh gak sih???
    air untuk tmpt hidupny tuh harus banyak taw dikit aja?

    24 Februari 2012 pukul 21:29

  28. fayola

    kira2 kura2 bagus dikasih makan ikan?

    11 Maret 2012 pukul 17:20

  29. qiki utami

    ,, saya abis beli kura2 kecil nih.. baru pertama kali melihara.. tapi kok gag mau makan ya? baiknya dikasih makan apa ya? Nd baiknya jga ngasih makannya brapa hari sekalii.. thanks

    17 April 2012 pukul 13:32

  30. lusy

    kalau kura2nya g mau makan biarin aja?
    Bentar lagi aku mau jemurin kura2ku nih,tapi g keliatan makan atau enggak.

    28 Mei 2012 pukul 07:14

  31. Cataniia

    nemu kurakura di depan kamar kos,, tapii gga tau kura2 brazil apa bukan…😀

    ..jadiii ???
    .kasih makan apaa nih ?
    ..baru kali ini melihara ginian,,,,😀

    20 Juni 2012 pukul 06:37

  32. Aq punya kura kura aq kasih makan takari tapi dia gak mau makan kayak mana obatnya biar kura2nya mau makan tolong di jwb

    5 Agustus 2012 pukul 20:20

  33. sunita

    saya mau tanya kenapa ya kura kura saya gak mau makan dah hampir seminggu,sukanya tidur melulu.thanks

    11 Agustus 2012 pukul 14:54

  34. ehemm ane kan pnya kura2 tpi kga pernah di kasih air tpi gmpang besar.a klo di kasih makan cuma piring sama pelet terus kasiair
    dan kadang2 1 jam ane rendem di air es
    itu bener gk perawatan.a?

    5 Oktober 2012 pukul 22:51

  35. Mohammad Kaana

    kalo kura-kura masih bayi dikasih makan apa?

    22 November 2012 pukul 16:58

  36. selain pellet apa kesukaan kura-kura ?
    tolong info’a kka

    24 November 2012 pukul 22:36

  37. @linda_harmione

    nanya dong…ikan apa aja yg ga blh dmakan kura-kura?? pliss bless

    27 November 2012 pukul 22:49

  38. kenapa tukang photonya udah gak nongol

    11 Februari 2013 pukul 09:32

  39. aku puya ikan melati

    3 Maret 2013 pukul 18:45

  40. Dony Herdian

    kura2ku hilang, padahal udah aku buatin kolam, yg tingginya kira2 25cm’an…umurnya uda 1thn, sbenernya aku punya 3 kura2, 1thn, 8bln, sma 3bln, nah yg 1thn sma 8bln hilang, tp yg 8bln ktemu,..khilangannya mbuatku tiap ke blakang rumah selalu tengok2 selokan, smpek skrg yg uda 1bln gak ktemu….
    kehilangan by firman.

    5 Juni 2013 pukul 15:48

  41. kalo yang di foto kamu itu nama/ jenisnya kura2 apa ??

    24 November 2013 pukul 14:35

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s