Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Si Kuri, Kura-Kura Brazilku

Kuri, Si Kura-kura brazilku

Kuri, itu adalah nama kura-kura saya, diberikan oleh sahabat saya si Astried, sebagai kado ulang tahun saya. Saat itu saya masih duduk di bangku kelas XII SMA. Saat itu saya tergila-gila untuk memelihara kura-kura, ketularan sodara-sodara saya di Purwokerto, yang punya kura-kura, pas pulang ke Pare, merengek-rengek minta dibelikan kura-kura (haha, kayak masih kecil aja, minta dibelikan balon). Yap, sebenarnya namanya itu ganti-ganti, sampai akhirnya sekarang aku kasih nama Kuri.

Pas kelas XII, tepatnya tahun 2008, aku dikasih seekor kura-kura, sayang sekali cuman seekor, napa ga sepasang, “namanya juga kado!” haha. Dan baru aku tahu kalo tuh kura-kura jenis kelaminnya cewek dari salah satu blog , dilihat dari ciri-cirinya, buntutnya pendek dan kukunya tidak begitu panjang dan runcing.

Lagi di ember....kura-kuraku

Kura-kura itu adalah kura-kura Brasil dengan Jenis Red Ear Slider, alias punya warna merah-merah gitu di daerah kepalanya, ato tepatnya di bagian telinganya (emang kura-kura ada telinganya? Gag tahu lah). Takutnya kalo dilindungi, dari googling ternyata emang dijual bebas dan sangat banyak keberadaannya. Kura-kura ini asalnya dari Brasil, ya eyalah kalo kura-kura Indonesia ya dari Indonesia. Termasuk jenis reptilian yang lebih jinak.
Si Kuri ini sempat ngilang seminggu setelah aku taruh di kolam kecil di dapur, takutnya kalo dimakan kucing. Bingung nyari dimana-mana, di kolong meja aku cari, di kebon juga, sepertinya aku sudah pasrah, dan mengikhlaskan si Kuri, dan mau bilang pada yan ngasih kura-kura nie, Kura-kura pemberianmu ilang dimakan kucing!!!” haha. Jreng Jreng Jreng akhirnya si Kuri berhasil ditemukan oleh Ibuku, padahal mau pasang iklan di TV. Seekor Kura-kura ilang dari kolamnya. Ada di selokan belakang, cuman g ada airnya pasan. Untung dah, kalo ada airnya, pasti dia pergi dan hidup berbahagia di sana.

Saat ditemukan, kasihan bener, nie kura kotor banget, perutnya juga empuk banget gag keras kayak biasanya, secara seminggu lebih dia ngilang.
Semenjak saat itu dia aku taruh di ember, biar gag ngilang, rencana mau beli akuarium, tapi masih belum beli ampe sekarang. Kasihan sebenarnya dia di ember, tapi mau gimana lagi, lagian lebih mudah ngebersihinnya dan kasih makan. Dan kini si Kuri udah lebih besar dibandingkan pas dikasihkan ke aku, kalo pas dilepas dia cepet banget larinya dan suka nyakar-nyakar gitu.
Kini aku udah punya kura-kura satu lagi, beli di Pasar Ikan Irian Barat,

Surabaya. Belum aku jadikan satu coz masih di Surabaya, aku titipin di kolam temenku. Yah sepertinya itu cowok, dan James namanya, hahaa, temenku yang kasih nama.
• Tips buat yang mau melihara kura-kura, jangan beli yang masih kecil, kasihan, banyak matinya kalo melihara yang kecil, aku pernah punya yang kecil-kecil, tapi akhirnya tewas semua.
• Kalo sempat aku selalu menjemurnya di bawah sinar matahari, coz katanya biar pertumbuhannya baik, khan ada vitamin E-nya juga, jadi karapas (cangkang) kura-kura jadi kuat. Dari …” Anda perlu memberikan daerah di dalam aquarium anda dimana kura-kura dapat benar-benar menjadi kering berjemur di bawah sinar matahari atau lampu khusus reptil. Ini penting seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kehangatan menimbulkan sistem kekebalan tubuh kura-kura anda.”

Si Kuri, Kura-kuraku, lagi berjemur

Si Kuri, Kura-kuraku, lagi berjemur

Well, kura-kura bisa jadi pilihan buat dipelihara, gampang meliharanya, dan bangga liat kura-kura kita tumbuh besar.

7 responses

  1. Sekarang harganya berapa ya?

    21 Agustus 2010 pukul 23:39

    • 30 an yang lumayan besar

      28 November 2010 pukul 15:37

  2. 30 ribuan yg agag gede

    yg kecil2 10ribuan

    25 Agustus 2010 pukul 21:36

  3. wah, menarik sekali ceritanya. saya jg punya beberapa kura2 di rumah. sehat terus ya kuranya.🙂

    17 Oktober 2010 pukul 19:21

    • terima kasih…semoga kura-kura kita sehat selalu

      28 November 2010 pukul 15:38

  4. hi.. aq leni. salam kenal ya. ^_^
    sbnrnya aq mau cari tau ciri2 jnis klmin kura2 brazil itu dlht dr mnnya?
    aq klik web u yg terpamapng di google, skarg aq tau. dan sbaiknya mlai bsok aq hrus jemur kura2 q.. dari data yg aq bca di blog u, kura2 qu cwe’, krna wrna orange di bgian kplanya.
    jujur, smpai skrg aq blm ksh dia nama, bngung… aq bru belinya 1 miggu yg llu.. stiap hari aq kluarkan, aq biarkan dia berjalan, 3-5 mnit mgkin, trs aq msukkn lg di aquarium kecil yg brkran 10 x 15 cm.

    10 Desember 2011 pukul 20:53

  5. Gan, bukannya matahari mengandung Vitamin D yah? hehehe…
    Oia, ane udah lama miara kura-kura brazil
    Sekarang udah gede, sekitar 15cm panjangnya
    Kalo ada yang mau beli, silahkan hubungi aja ane di numer 085777883000
    Usia belom setahun ikut ane agan dan aganwaty

    4 Maret 2013 pukul 10:25

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s