Antara Makan, Nonton, Wisata, dan Hidupku

Kartu Mahasiswa Award, which is the best?

Saat acara halal bihalal ke rumah guru SMA bersama temen-temen sekelas eks XII-IPA 3, masing-masing dari kami mengeluarkan sesuatu dari dompetnya Jreng-Jreng.. Kartu Tanda Mahasiswa… sayang yang datang cuman sedikit jadi tidak banyak KTM juga.. gag penting sih sebenarnya, tapi cuman sharing-sharing aja kayak apa sih bentuk KTM univ lain.. akan aku bahas satu-satu ya, KTM kami.. dimulai dari kampus tercintaku dulu ya..



1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

KTM-nya ITS angkatan 2009, bernama ITS Smart,Smart karena selain sebagai tanda pengenal mahasiswa kampus perjuangan, juga berfungsi sebagai kartu debit ataupun ATM. Jadi saat pengambilan KTM dulu, diambil di Bank BNI, jadi tiap mahasiswa baru memiliki rekening BNI Tabungan Mahasiswa.

Lumayan low, biaya administrasi dikit banget, gag sampe 1000 perak, dapet bunga juga biarpun tidak banyak. Banyak beasiswa-beasiswa yang ditransfer langsung ke rekening BNI ini, dari PPA, BBM, IKA ITS dll. Berhubung aku tidak punya rekening, sangat terbantu sekali. Kalau pas gag bawa duit di toko-toko, tinggal digesek saja (Asal ada saldonya).

Sayangnya ada minusnya, foto pemegang KTM ini, gampang rusak alias buram, malah KTMku jadi ilang fotoku. Selain itu, hampir satu semester KTM ini baru jadi, membuat kami dulu “lama menanti” kartu sakti kami. tapi sebelum lulus nanti, KTM ini akan dikembalikan alias “disita”, sedihnya harus berpisah dengan kartu yang selalu menemani dari maba hingga diwisuda.

Sayangnya sejak 2010 ini, KTM ITS tidak menjadi Smart lagi, tetap ada chipnya namun tidak jadi satu dengan ATM.

2.Universitas Negeri Malang (UM)

Sama dengan ITS, UM bekerjasama dengan Bank BNI dalam menerbitkan kartu sakti untuk mahasiswanya, hanya saja, desainnya biasa-biasa saja, tidak ada logo master card di depan, melainkan logo UM dan Departemen Pendidikan. Di bagian belakang, baru ada logo-logo yang biasa di kartu ATM.

Jangan menilai sesuatu dari covernya saja, biarpun biasa-biasa, tapi ternyata kartu universitas yang dulu bernama IKIP Malang ini adalah kartu ATM juga.

minusnya : desain kurang bagus, foto pemilik scan-scanan dari pasfoto. Teman saya menggunaka foto ijazah pas SMA dulu.

3. Universitas Brawijaya (UB) Malang

Bernuansa abu-abu menjadikan kartu mahasiswa UB ini menjadi agak kalem. Nomor Induk, Nama Mahasiswa, Fakultas dan jurusan tercetak di bagian depannya.  Kartu Mahasiswa ini bernama  Student Identity Card (bahasa inggrisnya KTM kali).  di bagian belakang terdapat stempel-stempel bukti telah melakukan daftar ulang atau KRS per semester, jadi tiap semester harus minta stempel ke pihak BAAK.

4. STIKES Karya Husada Pare

KTM Perguruan tinggi pencetak tenaga medis ini kurang begitu modis dalam desain. Namun ada nilai plusnya yakni terdapat  Alamat yang punya kartu. Jadi ketika kartu ini hilang, bisa diantar ke rumah pemilik kartu,

“tok tok tok, apa ini rumahnya XXX, saya menemukan kartu ini di bu”. “terima kasiiih”. begitu kira-kira..haha

5. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo

Orang kadang salah menyebut kepanjangan UNS dengan Universitas Negeri Solo, bernasib sama dengan ITS (hiks hiks). Universitas di kota surakarta alias Solo ini memiliki kartu mahasiswa yang cukup menarik. Berlatar belakang (mungkin) gedung auditoriumnya atau rektoratnya. Simpel tapi menarik.

minusnya: sama seperti UM Malang, foto pemilik terlihat scan-scanan dari pasfoto. Tidak disertai sesi foto saat proses pembuatannya, terlihat pemilik memakai seragam sma.

6. Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

KTM kampus yang sebelumnya bernama STPDN ini, kurang garang desainnya. Namun ada yang beda dari KTM KTM lain. KTM Kampus pencetak pegawai pemerintahan ini disertai identitas tinggi, berat , rambut,  mata dan golongan darah.

Mungkin para praja-praja IPDN  ini harus menimbang lagi ketika lulus nanti, apakah bertambah beratnya ato malah berkurang. hahah. tidak bisa membayangkan kalo yang punya aku, pasti “tubuhku dulu tak begini..ala iklan sqott emulsion”

7. Universitas Indonesia (UI)

Bernuansa Kuning sesuai dengan Jakun-nya (Jaket Kuning), mewarnai KTM Universitas yang katanya tersohor di Indonesia.  Walaupun didukung dengan teknologi chip, yang pastinya menyimpan data-data pemiliknya, tapi tidak mendukung fitur ATM, mungkin saja UI tidak tertarik bekerjasama dengan pihak bank, atau bisa jadi yang punya ktm itu sudah punya rekening masing-masing, maklum Jakarta.haha, itu sih menurutku.

So far dari desainnya keren, disertai Makara alias lambang UI menambah kesan “UI banget” haha.

sip..

Dari ke-tujuh KTM di atas

desainnya, Universitas Indonesia the best…

urutannya  dari desain:

1. UI

2. ITS

3. UB

4. UNS

5. IPDN

6. UM

7. STIKES Karya Husada

dan yang menurutku paling bagus Fiturnya ya ITS Surabaya. (bukan karena aq anak ITS low)

4 responses

  1. Fanbegh

    Waaahh…
    baru kali ini tau bentuk2 Ktm dari beberapa universitas..😀

    tapi tetep,, menurutku kTM UB is the Best hheeee

    19 September 2011 pukul 18:13

  2. yo jek apikan ITS CUK….!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    almamaterku yg kucinta… ibu yang luhur ITS… (ospek mode on)

    tapi sayang.. KTMku wis dijupuk pas wisuda ITS ke 99😦

    26 September 2011 pukul 12:45

  3. wahhh ..
    udah jadi mahasiswa mah …
    pamer kartu mahasiswanya …

    keren dah ^_^

    28 September 2011 pukul 10:20

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s